Tuesday, October 18, 2016

Chip 5G Pertama Dunia Akan Menjadi Ponsel Supersonik Masa Depan

Chip 5G Pertama Dunia Akan Menjadi Ponsel Supersonik Masa Depan
Bagakom | Chip 5G Pertama Dunia Akan Menjadi Ponsel Supersonik Masa Depan

"Jika 5G dalam ponsel Anda mungkin lebih cepat daripada yang Anda pikirkan."
Qualcomm pada hari Senin meluncurkan Chip nirkabel 5G pertama di dunia, modem Snapdragon X50. Ini awalnya ditujukan untuk kedua ponsel dan peralatan seperti jaringan nirkabel rumah. Dan Seharusnya perangkat ini akan diluncurkan pada 2018 mendatang.
"5G tepat di sudut," Sherif Hanna, staf manager Qualcomm bagian pemasaran teknis, mengatakan dalam sebuah wawancara,

X50 merupakan langkah bayi selanjutnya menuju 5G, yang diharapkan menjadi 100 kali lebih cepat dari teknologi nirkabel kami saat ini dan 10 kali lebih cepat daripada apa yang ditawarkan Google Fiber melalui koneksi fisik ke rumah. Biasanya, ketika sebuah teknologi nirkabel baru telah tersedia, pertama kali muncul di perangkat standalone seperti hotspot nirkabel. Tapi Qualcomm sudah bekerja untuk menempatkannya ke dalam ponsel.

Kecuali Anda tinggal di Korea Selatan, Anda mungkin tidak akan bisa melihat kekuatan X50 ini dalam waktu dekat. Qualcomm mengatakan kemungkinan chip akan muncul pertama di ponsel pada jaringan seperti Korea Telecom, tepatnya pada saat Olimpiade Musim Dingin 2018.

Prosesor X50 juga memiliki beberapa keterbatasan. Ini hanya menghubungkan ke jaringan 5G, sehingga untuk menghubungkan ke yang lebih tua jaringan 4G atau 3G, Anda akan memerlukan chip nirkabel kedua. Qualcomm berharap pembuat telepon akan memilih untuk memasangkan X50 dengan garis Snapdragon prosesor yang mengintegrasikan otak perangkat dengan konektivitas nirkabel. Perusahaan seperti LG dan HTC menggunakan Snapdragon garis Qualcomm, tetapi Apple tidak.

Ketika industri pindah dari teknologi 3G ke 4G LTE, "Air Interface" berbasis radio tampak berbeda, namun teknologi yang digunakan jenis yang sama dari spektrum nirkabel. Bahwa perusahaan tahu bagaimana transmisi 4G akan beroperasi di dunia nyata. Tapi 5G benar-benar berbeda.

"Tantangan yang ini semua sangat baru," kata Hanna.

5G menggunakan spektrum frekuensi yang sangat tinggi yang dikenal sebagai gelombang milimeter. Mereka dapat membawa sejumlah besar data dan transfer sinyal dengan penundaan minimal. Tapi sinyal perjalanan hanya jarak pendek dan memiliki kesulitan menembus dinding dan terjadi di sekitar sudut, yang membuat merancang jaringan 5G rumit.

Qualcomm dan mitra handset dan jaringan berharap chip X50 akan membantu mereka lebih memahami bagaimana 5G akan bekerja. Kemudian pembuat chip akan mampu melepaskan "versi yang lebih lengkap" dari teknologi dalam prosesor masa depan.

"Dalam perangkat saat ini, modem kami mendukung segala sesuatu, semua rasa LTE, 3G dan 2G," kata Hanna. "Itu adalah tujuan akhir" untuk prosesor 5G juga.

Seiring dengan berita X50, Qualcomm mengatakan operator jaringan Australia Telstra meluncurkan jaringan LTE gigabit-kelas pada akhir tahun, sementara Netgear merilis sebuah hotspot yang mencapai kecepatan LTE hingga 1 gigabit per detik. Telepon akan dapat berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi pada tahun 2017 sebagai pembawa meng-upgrade jaringan mereka.

"Kami berharap beberapa jaringan gigabit LTE meluncurkan tahun depan," kata Hanna.

Comments

Tinggalkan Komentar Anda dibawah ini :
Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon